Sabtu, 22 Desember 2012

Mesir, Negeri 1000 Piramid

Negara Mesir yang berada di Benua Afrika ini dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki peradaban paling tinggi di dunia, selain peradaban Yunani dan peradaban Romawi. Sebagian besar wilayah Mesir berada di Benua Afrika bagian timur. Negara yang beribu kota di Kairo ini pun digolongkan sebagai negara maju di kawasan benua hitam, Afrika.
Negara yang terkenal dengan kisah Firaun ini berbatasan langsung dengan Libya di sebelah barat, Sudan di sebelah selatan, dan dengan Jalur Gaza serta Israel di sebelah utara dan timur. Negara Mesir pun berbatasan denga wilayah perairan seperti Laut Tengah di sebelah utara dan Laut Merah di sebelah timur.

Mesir Dikenal dengan Peradaban Kuno

Ada banyak peninggalan bersejarah dari peradaban kono Mesir. Piramida Giza, Kuil Karnak, Lembah Raja, dan Kuil Ramses merupakan peninggalam peradaban kuno Mesir. Selain terkenal dengan piramidanya, Mesir pun dikenal dengan Spinx yang menjadi salah satu simbol atau ikon negara Mesir. Spinx merupakan salah satu peninggalan peradaban kuno Mesir yang sampai sekarang masih terjaga dan menjadi objek pariwisata.
Di Mesir, mengalir sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil. Sungai Nil pun dipercaya menjadi saksi bisu masa peradaban kuno Mesir. Di pinggiran Sungai Nil pun, mayoritas penduduk Mesir menetap dan menggantungkan hidupnya pada Sungai Nil. Sungai Nil pun telah membantu mengembangkan pertanian Mesir karena sepanjang daerah aliran sungai Nil, tanahnya digolongkan tanah subur. Di Mesir pun terdapat Gurun Sahara yang menjadi bagian dari negara Mesir.
Luxor, salah satu kota di Mesir, memiliki banyak artefak-artefak kuno. Diperkirakan, sekitar 65% artefak kuno ada di Kota Luxor ini. Karena banyak peninggalan peradaban kuno, Mesir diakuisebagai pusat budaya untuk wilayah Arab dan Timur Tengah.

Sistem Politik Mesir

Sejak 18 Juni 1953, Negara Mesir menganut sistem pemerintahan republik. Dulunya, Mesir merupakan negara jajahan Britania Raya. Mesir merdeka dari Britania Raya pada 28 Februari 1922, tapi baru dideklarasikan pada 18 Juni 1953. Pada tanggal tersebut pun, Mesir menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.
Karena sistem pemerintahanna berbentuk republik, Mesir dipimpin oleh seorang presiden. Salah satu presiden Mesir yang terkenal adalah Mohamed Hosni Mubarak. Presiden Hosni Mubarak ini dikenal sebagai seorang diktator. Hosni Mubarak menjabat sebagai presiden Mesir selama 5 periode. Hosni Mubarak pertama kali menjabat kursi presiden setelah Presiden Mohammed Anwar el-Sadat di bunuh.
Dalam sistem politik di Mesir, kekuasaan diatur dalam sebuah sistem yang bernama semipresidensial multipartai. Secara teori, kekuasaan eksekutif dibagi menjadi 2, yaitu kekuasaan di tangan presiden dan kekuasaan di tangan perdana menteri. Namun, dalam praktiknya, kekuasaan dikuasai oleh presiden. Presiden Mesir selama ini dipilih dalam proses Pemilu dengan hanya ada satu kandidat. Negara Mesir pun melaksanakan Pemilu parlemen yang diikuti banyak partai.
Pada 2005, Hosni Mubarak melakukan perubahan pada proses Pemilu presiden menuju Pemilu multikandidat. Perubahan itu dilakukan sebagai bentuk demokrasi. Perubahan itu membawa rakyat Mesir untuk pertama kalinya memperoleh kesempatan untuk memiliki pemimpinnya. Namun, aturan baru menerapkan berbatgai batasan sehingga banyak tokoh yang terganjal aturan. Hasilnya perubahan yang dilakukan Hosni Mubarak pun seolah tak ada artinya karena Hosni Mubarak kembali terpilih menjadi presiden Mesir.
Menjabatnya Hosni Mubarak sebagai presiden Mesir selama lima periode membuat reaksi negatif di kalangan masyarakat. Pada akhir Januari 2011, di Mesir terjadi demonstrasi besar-besaran untuk menuntut turunnya Hosni Mubarak sebagai presiden. Demonstrasi berlangsung selama 18 hari. Besarnya desakan dari rakyat untuk Hosni Mubarak agar meletakan jabatannya, disambut oleh keputusan Hosni Mubarak untuk mengundurkan diri sebagai presiden Mesir pada 11 Februari 20011. Pengunduran Hosni Mubarak ini disambut baik oleh rakyat Mesir dan dunia internasional. Diharapkan, perubahan ini bisa membawa Mesir menuju arah yang lebih baik.

Ekonomi dan Demografi Negara Mesir

Perekonomian Mesir bergantung pada bidang ekspor minyak bumi, eksporr gas alam, pertanian, media, dan pariwisata. Selain itu, perekonomian Mesir pun didukung oleh para penduduknya yang bekerja di Arab Saudi dan di beberapa negara di kawasan Eropa. Sungai Nil yang mengalir di Mesir memberikan efek positif terhadap bidang pertanian. Hal itu dikarenakan Sungai Nil memjadikan lahan disekitar sungai menjadi subur dan baik untuk dijadikan lahan pertanian.
Berbicara soap pupulasi penduduk, Mesir merupakan negara Arab yang memiliki jumlah penduduk paling banyak di antara negara Arab lainnya. Diperkirakan populasi penduduk Mesir mencapai 74 juta orang. Mayoritas penduduk Mesir terkonsentrasi di daerah sepanjang aliran Sungai Nil, terutama di daerah Iskandaria, Kairo, sekitar Delta Nil, dan sekitar daerah Terusan Suez. Mayoritas penduduk Mesir memeluk agama Islam dan agama Kristem menjadi agama minoritas.

Piramida Mesir

Di Mesir, ada banyak peninggalan zaman kuno yang menjadi bukti peradaban Mesir Kuno. Peninggalan itu berupa piramida. Di Mesir, ada banyak piramida peninggalan sejarah. Saking banyaknya piramida, Mesir dijuluki  sebagai negeri piramida.
Di Mesir, piramida berfungsi sebagai makan para raja Mesir Kuno. Firaun, salah satu raja Mesir Kuno yang pernah berkuasa, jasadnya berada di dalam piramida. Selain jasad para raja Mesir Kuno, di dalam piramida pun kerap disimpan harta dari sang raja yang meninggal. Oleh karena itu, pada mas lalu, piramida selalu dijadikan objek perampokan.
Pembangunan piramida tidak dilakukan secara sembarangan. Para insiyur Mesir Kuni telah menghitung jarak piramida dengan matahari. Hal itu dikarenakan matahari merupakan elemen penting dalam kehidupan bangsa Mesir Kuno. Keahlian insinyur zaman dulu saat membangun piramida pun diakui oleh para insinyur masa kini. Hal itu dikarenakan pembangunan piramida belum menggunakan semen karena pada zaman tersebut semen belum ditemukan. Piramida sebagai peninggalan Mesir Kuno pun dinobatkan sebagai keajaiban dunia.
Salah satu piramida terkenal di Mesir adalah Piramida Giza. Piramida Giza berlokasi di dekat Kairo. Piramida Giza atau disebut juga Piramida Agung berada di hamparan padang pasir yang memiliki suhu lebih dari n35 derajat. Piramida Giza terdiri atas 3 piramida besar dan 1 buah Sphinx. Sphinx adalah sebuah makhluk mitos berkepala manusia bertubuh manusia pada mitologi Mesir. Ketiga piramida besar yang menyusun Piramida Giza antara lain Khufu, Khafre, dan Menkaure. Selain piramida besar, ada juga piramida kecil yang terdiri atas Cheops, Chepren, dan Mycerius.
Secara umum, Piramida Giza memiliki interior berupa ruang raja, ruang ratu, dan pintu terowongan. Kompleks Piramida Giza ini diperkirakan dibangun 5000 tahun yang lalu. Luas wilayah Piramida Giza ini bisa disamakan dengan jarak antara St Peter (Roma, Italia), Katedral Florence (Milan, Italia), hingga ke St. Paul di London, Inggris.
Ada lagi keunikan dari Piramida Giza ini, yaitu jika batuan dari Kompleks Piramida Giza itu disatukan, akan bisa membuat tembok setinggi 3 meter sehingga bisa menutupi seluruh Perancis. Selain itu, Piramida Giza pun lebih besar 30 kali jika dibandingkan dengan Empire State Building di New York, Amerika Serikat.
Nah, itulah informasi mengenai negara Mesir lengkap dengan berbagai hal yang berhubungan dengan negeri piramida tersebut. Semoga informasi mengenai negar Mesir ini bisa menambah pengetahuan Anda. Selamat Membaca!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar